AYO, BERDONASI BERSAMA INSAN BUMI MANDIRI

PEDALAMAN YANG MAYORITAS ADALAH DESA TERTINGGAL, MENJADI PROBLEMATIKA NYATA NEGERI INI YANG HARUS DITANGANI SERIUS

“Bangunan layak untuk sekolah gratis di pedalaman NTB”. Sebuah judul dengan lampiran gambar sederhana yang terpangpang di situs insanbumimandiri.org menghentak naluri saya. Bangunan Sekolah gratis yang terletak di pedalaman kota Dompu Nusa Tenggara Barat itu terlihat rapuh dan miris. Negeri khatulistiwa yang tidak miskin-miskin amat dengan alokasi dana APBN  untuk pendidikan sebesar 20 persen, ternyata masih memiliki sekolah yang tidak layak pakai. Ya, Dari 20 persen APBN yang dianggarkan untuk pendidikan jika dinominalkan dalam bentuk rupiah adalah sebesar 429,5 triliun dan terbesar di transfer ke daerah yakni Rp 308,38 Triliun atau 62,62 persen dari total alokasi. Tapi fakta di lapangan menunjukan masih banyak sekolah di Indonesia khususnya di wilayah bagian timur yang butuh uluran tangan. Ini seperti sebuah paradoks yang menjadi akar permasalahan pendidikan di negeri ini yang harus ditangani dengan serius. 

Jiwa kemanusiaan saya langsung bangkit dan memberikan sumbangan walaupun dengan jumlah yang tidak begitu banyak. Seperti kutipan kata bijak” Berbagi bukan tentang seberapa besar dan seberapa berharganya yang kau beri, namun seberapa tulus dan ikhlasnya apa yang ingin kau beri.”Yang terpenting dalam berbagi adalah keikhlasan. Jika kita menunggu banyak uang baru berbagi, mungkin kita tidak akan punya kesempatan untuk memberi sepanjang hidup kita. Semakin banyak yang memberi walaupun dengan nominal sedikit, semakin banyak pula yang bisa kita bantu.

 

Berdasarkan deskripsi yang dipaparkan di situs insanbumimandiri, sekolah gratis MI Abdul Kadir Jaelani adalah bangunan rapuh dan tua beralaskan tanah. Jika hujan datang dengan mudah akan menembus dinding sekolah yang sudah renta. Sekolah ini adalah bukti nyata salah satu akar permasalahan pendidikan negeri khatulistiwa ini. Mana mungkin pendidikan sebuah bangsa bisa maju jika masih banyak sekolah yang tak layak huni. Gedung sekolah salah satu infrastruktur krusial dalam proses belajar mengajar. Bangunan miris untuk sekolah gratis di pedalaman NTB hanyalah sepenggal kisah dari ratusan permasalahan yang dihadapi masyarakat Indonesia bagian timur.

Indonesia salah satu  negara dengan kepadatan penduduk besar di dunia. Kondisi masyarakatnya yang beragam menimbulkan kesenjangan sosial di berbagai aspek kehidupan. Memiliki 17.504 pulau, total luas wilayah 1.919.000 kilometer persegi dan terdapat kurang lebih 14.461 desa tertinggal. Mayoritas desa tertinggal berada di daerah pedalaman dan menyebar paling banyak di wilayah timur seperti Papua dan Kalimantan. Papua dan Papua Barat menjadi sarang dari desa tertinggal yakni sebesar 87,12% dan 82,03%. Lalu disusul Kalimantan utara dengan desa tertinggal sebesar 61%,dan rata-rata desa tertinggal ini berada di pedalaman yang susah diakses dan dijangkau pemerintah.

 

Wilayah pedalaman yang susah dijangkau tentunya menjadi tantangan pemerintah dalam hal pembangunan infrastruktur, kesehatan dan pendidikan. Jalur transportasi yang tidak memadai membuat wilayah pedalaman tetap menjauh dari kehidupan yang layak dan sejahtera. Wilayah yang sangat luas dan pembangunan yang timpang antara Indonesia bagian barat dan timur mengakibatkan pedalaman susah bertransformasi menjadi wilayah yang maju. Dan tentunya hal tersebut mempengaruhi kehidupan sosial dan ekonomi masyarakat pedalaman. Akibat ketertinggalan pembangunan infrastruktur, akses kesehatan dan pendidikan, munculah berbagai problematika warga pedalaman. Pemerintah memang berkewajiban untuk menangani dan mengatasi permasalah wilayah pedalaman yang jauh tertinggal. Tapi seperti yang sudah saya paparkan sebelumnya,  Indonesia memiliki wilayah yang sangat luas. Pemerintah tidak bisa menjangkau semua wilayah pedalaman dan memberikan bantuan dengan cepat dan tanggap. Dibutuhkan lembaga filantropi atau lembaga kemanusiaan independen untuk bisa membantu wilayah pedalaman secara merata dan cepat tanggap.

MENGENAL LEMBAGA FILANTROPI INSAN BUMI MANDIRI

Insan bumi mandiri adalah lembaga filantropi atau kedermawanan sosial yang fokus untuk membantu wilayah pedalaman Indonesia timur. Memiliki misi menciptakan jejak kebaikan untuk saudara-saudara kita tercinta di pedalaman. Membenahi dan mengatasi berbagai permasalahan yang sering terjadi di daerah pedalaman, seperti akses transportasi, infrastruktur, kesehatan, dan pendidikan. Bantuan yang disalurkan pasti langsung sampai  karena memiliki relawan di pedalaman terdekat. Siapa pun bisa langsung berdonasi melalui situs insanbumimandiri.org hanya dengan satu klik. Insan bumi mandiri selalu rutin melakukan update program bantuan yang sedang dijalankan. Beberapa jenis program bantuan yang disediakan adalah Pembangunan, Pendidikan, Kesehatan dan pemberdayaan. Pembangunan, pendidikan dan kesehatan adalah masalah yang sering dihadapi oleh masyarakat yang tinggal di pedalaman. Oleh karena itu Insan Bumi Mandiri fokus untuk memberikan bantuan di tiga bidang tersebut.

 

KONTRIBUSI INSAN BUMI MANDIRI UNTUK DAERAH PEDALAMAN

Lantas apa kontribusi yang sudah dilakukan Insan Bumi Mandiri untuk daerah pedalaman Indonesia? Sejak berdiri tahun 2016 Insan Bumi Mandiri sudah mengelola banyak campaign donasi dan berhasil menyalurkan dana sebesar 26 Miliar ke daerah pedalaman Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur dan Sumatera Selatan. Hingga tahun 2019 Insan Bumi Mandiri sudah memberikan bantuan untuk 49.339 orang, merenovasi 179 fasilitas umum. Menyalurkan perahu dan motor untuk guru di pedalaman.  Tentunya data-data diatas menunjukan bahwa insan bumi mandiri merupakan lembaga filantropi berpengalaman dan memiliki jam terbang yang tinggi dalam membantu warga pedalaman. Untuk saat ini, jumlah sahabat pedalaman sudah mencapai 47.505 orang. 

 

Satu hal yang berbeda dari Insan Bumi Mandiri adalah fokus untuk membantu Masyarakat yang tertinggal di pedalaman. Walaupun saat ini sudah banyak badan amal kemanusiaan atau filantropi, tapi masih sedikit  yang memberikan bantuan khusus untuk masyarakat pedalaman. Kendala yang dihadapi masyarakat pedalaman adalah sulitnya akses transportasi yang membuat daerah mereka kian tertinggal karena tidak tersentuh pembangunan. Dan situasi ini banyak terjadi di daerah Indonesia bagian timur dan tengah seperti Nusa tenggara. Kontribusi Insan Bumi Mandiri terbukti dari komitmenya dalam mengembangkan program amal yang selalu rutin melakukan campaign kemanusiaan.

DEDIKASI 4 TAHUN INSAN BUMI MANDIRI UNTUK NEGERI MELALUI JEJAK KEBAIKAN

DEDIKASI TANPA BATAS, DEMI PEDALAMAN TERCINTA

Empat tahun ibarat seorang balita yang berada dalam fase super aktif dan memiliki rasa ingin tahu yang tinggi. Sama halnya dengan Insan Bumi Mandiri, hadir selama empat tahun untuk memberikan jejak kebaikan di pedalaman terus aktif berdedikasi dan berkontribusi demi kebajikan. Empat tahun sudah  insan bumi mandiri berdedikasi untuk membantu saudara-saudara kita yang ada di pedalaman. Selama empat tahun pula berbagai program berhasil didonasikan . Memberikan bantuan kepada 49.339 masyarakat pedalaman tentunya sebuah pencapaian luar biasa yang patut didukung dan diapresiasi. Kendala pasti selalu ada, tapi kebulatan tekad untuk terus menyebarkan jejak kebaikan akan menjadi semangat yang terus berkobar di dada. Pembangunan tempat ibadah hingga renovasi sekolah, pengobatan berbagai penyakit mematikan hingga motor sederhana untuk pejuang-pejuang pedalaman. Semua sudah dilakukan Insan bumi mandiri sepanjang empat tahun berdedikasi untuk negeri.

 

Campaign baru terus bermunculan, semakin banyak uluran tangan, semakin banyak pula yang bisa dibantu. Bantuan Pembangunan, Kesehatan dan pendidikan adalah prioritas utama. Anggaran pembangunan yang minim, transportasi yang kurang memadai, jalan yang berbatu dan berlubang membuat pembangunan infrastruktur di pedalaman jadi terlambat. Sementara pendidikan anak-anak belum terlayani, angka putus sekolah yang masih tinggi, kurangnya tenaga pengajar, sarana dan prasarana belajar yang tidak memadai membuat pendidikan di pedalaman jauh tertinggal.  Kurangnya fasilitas kesehatan, tenaga kesehatan yang minim dan mahalnya biaya berobat menjadikan warga pedalaman tidak mendapatkan akses kesehatan yang layak. Permasalahan di tiga bidang inilah yang diperjuangkan Insan Bumi Mandiri selama empat tahun ini. Sudah banyak program donasi yang berhasil dijalankan, ribuan warga sudah mendapatkan uluran tangan, tapi ini masih permulaan. Awal perjuangan untuk warga pedalaman baru dimulai. Insan bumi mandiri akan terus berkontribusi, berdedikasi melalui jejak kebaikan demi kemajuan pedalaman yang selama ini menjadi wilayah kelas dua di negeri khatulistiwa. Teruslah semangatmu bergejolak Insan Bumi Mandiri, semua demi negeri ibu pertiwi. Kelak dedikasimu akan mengantarkan pedalaman  menjadi wilayah dimana warganya sejahtera dan bahagia. Selamat berdedikasi, teruskan cita-cita negeri.

TULARKAN KEBAIKAN DENGAN BERDONASI DI INSAN BUMI MANDIRI

Berdonasi bukan harus memberikan sebanyak mungkin, memberi bukan tentang nominal. Esensi dari memberi adalah keikhlasan dan menyebarkan kebaikan. Jika kita menyebarkan kebaikan akan semakin banyak orang yang terlibat untuk membantu. Apabila banyak yang berdonasi  kian banyak pula yang bisa dibantu. Tempat berdonasi yang mudah, nyaman dan terpercaya tentunya insan bumi mandiri. Kamu bisa berdonasi hanya dengan mengklik tombol donasi di situs insanbumimandiri.org. Kamu bisa memilih program apa saja yang akan kamu bantu. Kamu tinggal klik menu Program, lalu pilih kategori mulai dari Pembangunan, Pendidikan, Kesehatan dan Pemberdayaan. Setiap Program donasi diberikan keterangan berupa gambar langsung dari lokasi dan deskripsi berupa penjelasan tentang bantuan. Tentunya hal ini memberikan transparansi kepada calon donatur perihal campaign yang akan mereka bantu.Untuk cara berdonasi di Insan Bumi Mandiri kamu bisa lihat info berikut ini:

 

CARA BERDONASI KLIK TOMBOL DI BAWAH

Kamu bisa berdonasi  hanya dengan mengklik tombol donasi di situs insanbumimandiri.org. Kamu bisa memilih program apa saja yang akan kamu bantu.  Kamu tinggal klik menu Program, lalu pilih kategori mulai dari Pembangunan, Pendidikan, Kesehatan dan Pemberdayaan. Setiap Program donasi diberikan keterangan berupa gambar langsung dari lokasi dan deskripsi berupa penjelasan tentang bantuan

KENAPA HARUS BERDONASI DI INSAN BUMI MANDIRI?

Diantara ratusan badan amal sudah hadir di Indonesia, Insan Bumi Mandiri salah satu yang kredibel dan profesional. Tidak ada syarat dan ketentuan apa pun untuk berdonasi. Kamu cukup berdonasi sebatas kamu mampu dengan hanya mentransfer ke rekening yang sudah disediakan. Nah, berikut ini akan saya paparkan beberapa alasan kuat kenapa kamu harus berdonasi di Insan Bumi Mandiri.

Saya tipikal orang yang doyan nongkrong di kopi shop yang menggelinding di pinggir jalan Jakarta. Saya sering banget disamperin sekelompok anak muda yang meminta bantuan. Mereka membawa brosur dan menggoda saya untuk memberikan sumbangan dengan iming-iming akan mendapatkan voucher jika saya menyumbang. Terkadang yang membuat saya kesal adalah mereka terkesan memaksa dan mematok sumbangan minimal seratus ribu. Mereka memberikan penjelasan panjang lebar dan mengaku dari  yayasan atau badan kemanusiaan yang membantu anak-anak penderita kanker. Yang membuat saya risih adalah kenapa memberikan bantuan harus dipatok dan pake iming-iming segala. Bahkan saya pernah menyaksikan ketika seorang anak muda datang meminta bantuan kepada salah satu pengunjung di kopi shop. “ Saya lagi gak megang duit cash mbak”, ujar si pengunjung dengan nada sopan. Dan yang membuat saya geram dan terhentak adalah, si pemuda yang meminta sumbangan dengan mengatas namakan badan amal itu menjawab “ Disana kan ada ATM yang dekat kak, saya tunggu disini kalau kakak mau ambil duitnya” Saya langsung mikir dia minta sumbangan atau sales door to door?

 

Dari pengalaman saya pribadi diatas bisa disimpulkan bahwa dalam memberikan sumbangan pun kita tidak bisa sembarangan. Bukan berarti suudzon dengan niat baik sekelompok orang, kita harus memastikan sumbangan yang kita  donasikan sampai ke orang yang layak dibantu. Sekali lagi, esensi dalam berdonasi adalah keikhlasan bukan masalah nominal. Jika jumlah sumbangan dipatok dan ada iming-iming voucher itu layak dipertanyakan. 

 

Memilih tempat berdonasi yang nyaman dan aman adalah langkah pertama yang wajib kita lakukan sebelum memberikan bantuan. Diantara ratusan badan amal sudah hadir di Indonesia, Insan Bumi Mandiri salah satu yang kredibel dan profesional. Tidak ada syarat dan ketentuan apa pun, apalagi iming-iming voucher. Kamu cukup berdonasi sebatas kamu mampu dengan hanya mentransfer ke rekening yang sudah disediakan. Nah, berikut ini akan saya paparkan beberapa alasan kuat kenapa kamu harus berdonasi di Insan Bumi Mandiri:

1. Insan Bumi Mandiri Lembaga Filantropi Yang Fokus Untuk Membantu Pedalaman

Insan Bumi Mandiri menjadi badan amal yang terkesan berbeda karena fokus untuk membantu pedalaman. Jarang banget ada lembaga kemanusiaan yang fokus untuk membantu pedalaman. Seperti yang kita ketahui bahwa wilayah pedalam di Indonesia rata-rata merupakan desa tertinggal, dimana belum bisa dijangkau pemerintah sepenuhnya. Oleh karena itu kontribusi dan dedikasi Insan Bumi Mandiri sangat membantu orang-orang yang tinggal di pedalaman yang selama ini terbelenggu masalah pembangunan, kesehatan dan pendidikan

2. Kredibilitas Dan Profesional

Selain di kopi shop saya juga sering melihat orang-orang yang mengaku dari badan amal meminta bantuan di pinggir jalan dan halte busway. Saya tidak tahu apakah  badan amal tersebut kredibel dan profesional. Insan Bumi Mandiri sudah terbukti kredibilitasnya melalui berbagai campaign yang sudah dijalankan dari tahun 2016. Jika masih ragu tentang kredibilitas  insan bumi mandiri kamu bisa langsung berkunjung ke websitenya. Disana kamu akan menemukan banyak program donasi yang akan dipaparkan secara terbuka dan selalu di update setiap saat. Jadi kamu tahu donasi yang kamu berikan sampai ke orang yang benar-benar membutuhkan.

3. Empat Tahun Berdedikasi Membuktikan Bahwa Insan Bumi Mandiri Sudah Berpengalaman.

Selama empat tahun Insan Bumi Mandiri sudah melakukan ribuan campaign. Wilayah yang sudah dibantu meliputi NTB,NTT dan beberapa wilayah pedalam di Sumatera. Total Bantuan yang sudah berhasil disalurkan sebesar 26 Miliar rupiah untuk 49.339 orang pedalaman. Fakta tersebut tentunya menjadi bukti nyata pengalaman Insan Bumi Mandiri dalam menyebarkan jejak kebaikan untuk negeri.

4. Transparan Karena Ada Pengawasan Dan Evaluasi Secara Berkala.

Kamu tidak perlu khawatir dengan dana yang sudah kamu donasikan ke Insan Bumi Mandiri. Donasi yang sudah masuk ke rekening mereka dipastikan akan diberikan ke orang-orang yang tepat. Insan Bumi Mandiri memiliki badan monitoring and evaluation yang bertanggung jawab mengawasi penyaluran dana yang sudah disumbangkan para #sahabatpedalaman. Kamu sebagai pemberi donasi bisa memantau di website Insan Bumi Mandiri sudah sejauh mana perkembangan campaign yang sudah kamu sumbangkan.

 

5. Cara Berdonasi Yang Mudah, Nyaman Dan Aman

Berdonasi di Insan Bumi Mandiri begitu mudah. Kamu bisa memberikan donasi kapanpun dan dimanapun. Jika ingin berdonasi melalui website kamu tinggal mengunjungi insanbumimandiri.com, klik menu donasi lalu pilih campaign apa yang akan kamu bantu. Kamu tinggal transfer ke rekening yang sudah diinformasikan di website. Selain memberikan sumbangan berupa uang, kamu juga bisa langsung mengirimkan berupa barang ke alamat Insan  Bumi Mandiri Kompleks Setra Dago

Jl. Setra Dago Barat No. 25, Antapani, Bandung. Atau jika kamu ingin bertanya seputar cara berdonasi atau barang apa saja yang bisa kamu berikan, langsung hubungi saja kontak centernya berikut ini:  

 

Jl. Setra Dago Barat. No.25, Antapani Kulon, Antapani, Kota Bandung, Jawa Barat 40291

Telp: (022) 205 251 84 – (+62) 813 2460 7225

Saatnya berbagi untuk saudara-saudara kita yang ada di pedalaman, bukan masalah seberapa banyak yang kita sumbangkan. Sekali lagi esensi dari berbagi adalah keikhlasan dan ketulusan. Kita juga bisa menyebarkan jejak kebaikan kepada orang-orang, ingat semakin banyak yang membantu, semakin banyak pula orang yang bisa dibantu. Ayo para #SahabatPedalaman tularkan jejak kebaikan melalui Insan Bumi Mandiri.

Follow Social Media

Insan Bumi Mandiri

Insan Bumi Mandiri Program

Mari sisihkan kelebihan rezeki yang kita miliki untuk meringankan beban mereka. Warga Muara Kulam pasti sangat senang, mengetahui saudara mereka yang jauh di sana memiliki kepedulian kepada mereka. Klik Menu Pembangunan Untuk Donasi.

Dengan ikut berbagi beasiswa untuk Sukarti dan Parta, bisa menjadi langkah kecil kita membangun generasi muda Indonesia. Mari, kita berbagi sebagian kelebihan yang kita miliki untuk pendidikan Sukarti dan Parta. Klik Menu Pendidikan Untuk Donasi.

Ayah Mopian yang hanya buruh kayu, tak ada dana untuk mengobati anak-anak mereka. Ibunya tak ada pilihan lain selain menjaga anak-anaknya yang sakit di rumah.  Sahabat, mari bantu Mopian untuk bisa operasi jantung bocor yang kondisinya sudah sangat parah ini. Klik Menu Kesehatan Untuk Donasi.

Teruslah semangatmu bergejolak Insan Bumi Mandiri, semua demi negeri ibu pertiwi. Kelak dedikasimu akan mengantarkan pedalaman menjadi wilayah dimana warganya sejahtera dan bahagia. Selamat berdedikasi, teruskan cita-cita negeri.

JEJAK KEBAIKAN INSAN BUMI MANDIRI TAHUN 2019

PROGRAM INSAN BUMI MANDIRI

Artikel ini ikut serta dalam blog competition yang diadakan Insan Bumi Mandiri,  dengan tema ” Refleksi 4 Tahun Insan Bumi Mandiri: Jejak Kebaikan Di Pedalaman Indonesia” Referensi tulisan dan gambar diambil dari situs Insan Bumi Mandiri. Sebagian besar gambar di desain penulis menggunakan Canva. Video diambil dari youtobe channel Insan Bumi Mandiri. 

SAYA SUDAH MENJADI SAHABAT PEDALAMAN, BAGAIMANA DENGAN KAMU