BAGAIMANA CARA MENDULANG RUPIAH DARI NGEBLOG? INI DIA LIMA SUMBER PENDAPATAN BLOGGER

No Comments

Share In Social Media

View Post162

Bagi kamu yang penasaran dengan sumber pendapatan para  blogger, dalam artikel kali ini saya akan membagikan rahasia dibalik pendapatan ngeblog secara tuntas dan ekskusif. Dan bisa saja kamu akan tergoda untuk menjadi seorang blogger

 

Sebelumnya saya sedikit akan menjelaskan tentang profesi blogger. Mungkin kamu masih bingung apa itu blogger dan bagaimana profesi ini bisa mendulang rupiah.

 

Blogger adalah istilah untuk orang yang menulis di blog. Jadi intinya dunia blogger identik dengan tulisan dan konten. Seorang blogger harus memiliki blog, baik blog dengan domain sendiri atau pun menggunakan platform gratis seperti blogger dan wordpress

 

Blog merupakan singkatan dari weblog. Blog merupakan aplikasi web yang berbentuk tulisan-tulisan yang dimuat dalam sebuah postingan pada sebuah halaman web. Jika kamu ingin menjadi seorang blogger, dipastikan kamu harus memiliki keahlian menulis. 

 

Langsung simak saja yuk lima sumber pendapatan blogger berikut ini. Dari mana saja para blogger mendulang rupiah? Ini dia ulasanya. 

 

 

1.GOOGLE ADESENSE

 Google adsense merupakan kerjasama perikalanan melalui media internet yang diselenggarakan oleh google. Untuk pemilik situs atau pun blog yang sudah disetujui Google ketika mendaftarkan Adsense, akan mendapatkan pemasukan berupa pembagian keuntungan dari google untuk setiap iklan yang diklik pengunjung situs. Sistem ini disebut dengan PPC ( Pay per click) atau bayar per klik.

 

Sebelum mendulang rupiah dari google Adsense, dipastikan kamu harus mendaftarkan blogmu terlebih dahulu. Biasanya pihak google akan memberikan konfirmasi apakah blogmu disetujui atau tidak untuk menjadi bagian dari adsense maksimal 2×24 jam. 

 

Pengajuan google adsense memang tidak mudah, bahkan para blogger harus menelan pil pahit karena blog mereka terkadang ditolak puluhan kali sebelum disetujui.

 

Umur blog, tampilan  dan konten yang menarik tentunya akan menjadi beberapa bahan pertimbangan google untuk persetujuan Adsense. 

 

Apabila blogmu sudah disetujui Google, bersiap-siaplah melihat iklan gentanyangan di blogmu, dan tentu saja iklan-iklan itu bisa menjadi mesin uang jika pengunjung blogmu banyak. 

 

Bayaran setiap klik iklan bervariasi, mulai dari satu us dollar sampai dengan lima us dollar. Tergantung negara dan artikel yang dibahas pada blogmu. Jika kamu ingin mendaftarkan blogmu klik disini untuk langkah-langkahnya.

2. AFILIASI

Afiliasi merupakan salah satu sumber pendapatan blogger yang paling familiar. Afiliate atau yang sering disebut dengan sistem afiliate marketing adalah sebuah proses pemasaran di internet dengan cara menjual produk orang lain, baik itu produk digital atau pun produk berbentuk fisik.

 

Dari sistem Afiliasi blogger akan memperoleh pendapatan ketika terjadi penjualan dari link unik yang sudah disediakan merchant kepada blogger. Dan perhitungan pendapatan menggunakan sistem komisi. Dimana setiap produk yang terjual dari blog kamu, akan mendapatkan komisi sekian persen. 

 

Untuk saat ini sudah banyak perusahaan-perusahaan e-comerce atau pun yang menggunakan sistem digital yang menawarkan afiliasi, seperti Lazada.co.id, Bhinneka.com, Ratakan.com, dan masih banyak lagi.

3. REVIEW PRODUK

Review produk salah satu sumber pendapatan blogger yang tidak kalah menarik. Melalui review produk, blogger akan mendapatkan bayaran dari perusahaan jasa atau pun dagang yang menawarkan kerjasama.

 

Blogger biasanya mendapatkan tawaran dari penyedia produk jasa maupun fisik untuk meriview produk-produk mereka.

 

Seperti contoh Samsung memiliki seri terbaru, dan biasanya mereka menawarkan kepada blogger untuk melakukan review. Untuk harga setiap review produk tergantung kesepakatan antara bolgger dan perusahaan jasa atau pun dagang yang menawarkan jasa review.

 

Untuk review produk biasanya pihak perusahaan jasa atau pun dagang lebih mempercayakan produk mereka di review oleh blogger yang sudah profesional. Dimana pengunjung blog mereka sudah banyak.

4. Menjual produk

Jika pengunjung blogmu sudah banyak tentunya bisa dijadikan lahan untuk berjualan. Kamu bisa menjual produk apa saja di blogmu, mulai dari produk sendiri sampai dengan drop shipping. 

 

Kamu bisa membuat banner tentang produk yang kamu jual di blogmu dalam bentuk iklan. Atau membuat landing page yang menampilkan gambar dan keterangan produk yang akan kamu jual. 

 

Yang terpenting kamu harus membuat konten tulisan yang menarik, untuk mendatangkan pengunjung. Jika kamu konsisten menulis artikel-artikel yang bermanfaat, pembaca akan berdatangan dengan sendirinya. Kamu harus ingat bahwa pembaca adalah calon pembeli. 

5. Mengikuti Lomba Blog

Lomba blog memang tidak selalu

ada tiap hari, tapi asal kamu tau bahwa mengikuti lomba blog sangat berpotensi menambah pendapatan para blogger. 

 

Saat ini banyak situs atau pun akun sosial media yang membagi berbagai lomba blog dengan sederet hadiah menarik. Tidak sedikit para penyelenggara lomba menawarkan hadiah puluhan juta.

 

Jika kamu bisa mengikuti empat sampai lima lomba  blog setiap bulan, dengan hadiah rata-rata satu juta setiap lomba, tentu saja pundi-pundi pendapatanmu akan bertambah.

 

Tapi perlu kamu ketahui bahwa untuk memenangkan lomba blog tidaklah mudah. Dipastikan kamu membuat artikel-artikel yang sesuai dengan kriteria juri, dan belajar dari para blogger yang sudah sering memenangkan lomba. 

 

Jika kamu blogger pemula, kamu tidak perlu takut untuk bersaing dengan para blogger profesional. Kamu pasti memiliki kesempatan untuk menang, apabila kamu melibatkan banyak kerja keras dan selalu belajar.

 

Jika kamu tidak pernah mencoba, kamu tidak akan pernah bisa belajar dan bekerja keras. Padahal salah satu kunci keberhasilan para blogger yang sering memenangkan lomba adalah, belajar dan bekerja keras. 

Follow Me In Social Media

Leave a Reply