US, SEKALI LAGI JORDAN PEELE MENUNJUKAN KEAHLIAN DALAM MENGGARAP FILM HOROR NON SUPERNATURAL

No Comments

Share In Social Media

View Post331

US

Genre: horor, thriller
Actors: Lupita Nyong'o, Winston Duke, Shahadi Wright Joseph, Evan Alex
Directors: Jordan Peele
Release Date: 20 March 2019
Rating: 8/10
thomasentertaiment.com

Slider

 

Jordan Peele selalu konsisten menggarap film-film horor non supernatural dari sudut pandang yang eksentrik. Ia kembali berkarya lewat film US dan sekali lagi mampu membuat penonton terkesima dengan adegan-adegan ekstrimnya yang cerdas.

 

Us menjadi film kedua Peele setelah Get Out berhasil secara komersil dan festival pada tahun 2017. Ia kembali menghandirkan genre horor non  Supernatural yang menengangkan dalam film US

 

BERAWAL DARI LIBURAN KELUARGA HINGGA ADEGAN KECIL DI PASAR MALAM 

 

https://www.popsugar.co.uk

 

Scene pembuka Us sedikit agak membigungkan. Berawal dari adegan  Adelaide Wilson (Lupita Nyong’o) jalan-jalan ke sebuah pasar malam bersama kedua orang tuanya .

 

Dengan latar belakang setting  delapan puluhan, adegan pertama serasa belum bisa menaikan suhu ketegangan penonton. Dan cenderung tidak mendatangkan impresi.

 

Sebelum masuk ke pertengahan cerita kamu akan berpikir kenapa opening cukup membosankan itu  menjadi bagian dari film. Dan akhirnya setelah pertengahan jalan, kamu akan menyadari bahwa scene pertama  yang ditampilkan, merupakan latar belakang klimaks yang memberikan banyak eksposisi.

 

Scene pembuka juga akan memberikan jawaban kepada penonton tentang beberapa adegan-adegan penuh metafora yang membingungkan di awal cerita.

 

Dan rumah berhantu di pesisir pantai yang bertajuk, Find your Self adalah awal dari konflik batin Adelaide Wilson (Lupita Nyong’o)  yang sengaja di sembunyikan dari awal cerita untuk menghadirkan adegan-adegan twist.

 

Baca Juga: HOTEL MUMBAI, SERANGAN TERORIS DALAM AKSI YANG SADIS

 

Liburan ke pantai dan menginap di rumah lama menjadi mala petaka. Sekelompok  Doppelgänger datang menyerang keluarga WILSON, kedua anak dan suaminya.  

 

Doppelgänger Adalah sebuah fenomena bagaimana seseorang yang sangat mirip atau serupa dengan seseorang, namun seseorang tersebut tidak mempunyai hubungan darah dengannya.

 

ADEGAN MAUPUN CERITA PENUH DENGAN METAFORA DAN ALEGORI, CIRI KHAS PEELE YANG PALING DOMINAN.

 

https://www.newyorker.com

 

Walaupun Jordan Peele baru meluncurkan dua karya yang ia tulis dan sutradarai, tapi sudah sangat terlihat jelas ciri khasnya lewat film keduanya US. Peele kerap meramu filmnya dengan adegan-adegan metafora maupun alegori.

 

Terlihat adegan-adegan yang disajikan Peele agak membingungkan karena ia menggambarkan dengan kiasan dan jauh dari makna harafiah. Alhasil penonton dibuat berpikir dan menerka-nerka perihal kelanjutan film.

 

Sampai dengan pertengahan cerita kamu akan masih di hantui kebingungan. Us tidak secara gamblang memberikan penjelasan kepada penonton perihal apa sebenarnya yang terjadi. Memang Peele sangat lihai membuat penonton untuk berpikir cerdas. Dalam film Us ia tidak memanjakan penonton dengan adegan-adegan  polos tanpa sentuhan metafora.

 

LUPITA NYONG’O  TAMPIL GEMILANG DENGAN PERAN DOUBEL KARAKTER YANG KONTRAS 

 

https://www.rollingstone.com

 

Lupita Nyong’o adalah bintang utama sekaligus primadona dalam film ini. Kamu akan melihat Lupita kembali mengerahkan totalitasnya dalam memerankan dua karakter yang kontras. Setelah tampil gemilang dalam 12 years slave beberapa tahun silam,  Lupita kembali hadir dengan akting yang lebih matang dan tajam.

 

Walaupun film ini minim pemeran utama, tapi tak membuat konflik tidak berkembang pesat.  Klimaks tetap terjaga bahkan semakin memanas hingga akhir cerita.

 

Gabe Wilson yang diperankan oleh Winston Duke, Jason oleh Evan Alex, dan Zora oleh Shahadi Joseph, dimana mereka berperan menjadi suami dan anak-anak Lupita tak mau ketinggalan memberikan kontribusi dengan akting yang  memikat . Tentu saja hal tesebut berkat arahan Peele.

 

Lupita berhasil memerankan karakater heterogenya, ia kelihatan sangat menguasai dan memahami dua sosok,  Adelaide Wilson si protagonis,  dan  doppelgängernya si antagonis yang sadis.

 

BEBERAPA SENTUHAN KOMEDI YANG RINGAN, HINGGA PEMBELAJARAN TENTANG NILAI-NILAI HIDUP YANG JARANG DISADARI MANUSIA

 

https://www.popsugar.com

 

Us bukan film yang menengangkan sepenuhnya. Kamu masih bisa ketawa terbahak-bahak saat suasana mencekam menghantui. Dialog-dialog yang lucu dan karakter  Gabe Wilson suami Lupita yang komikal bakalan membuat penonton rileks sejenak dengan galak tawa.

 

Satu pelajaran yang cukup menyeramkan dari US adalah bahwa diri kita bisa menjadi musuh paling jahat. Hal tersebut digambarkan Peele melalui karakter-karakter kembaran yang menjadi pembunuh sadis tokoh sesungguhnya dalam film.

 

Baca Juga: MELANCONG KE NEGERI SINGA, TIPS HEMAT WAKTU DAN BIAYA DENGAN BUDGET MINIMALIS​

 

Terkadang manusia tidak memahami dirinya sendiri sehingga menimbulkan konflik batin. Dan ketakutan paling besar manusia adalah manusia itu sendiri. Peele menyelipkan pesan moral melalui adegan-adegan metafora yang terstruktur dan rapi.

 

Peele juga secara vulgar ingin menunjukan kritik sosial perihal kesetaradaan gender. Ia seolah ingin mengeaskan bahwa wanita berkulit hitam bisa menjadi tokoh yang sangat penting dalam sebuah film berkelas dan elagan, dan Us menjadi ajang pembuktian Peele.

 

 Lupita Nyong’o juga  berhasil menyakinkan penonton bahwa menjadi pelakon yang hebat tidak hanya milik wanita kulit putih berparas menawan. Siapa pun bisa menjadi pelakon hebat dengan kualitas dan totalitas.

 

Check Trailer Disini: 

 

 

 

Follow Me In Social Media
Categories: MOVIE Tags: Tags: , ,

Leave a Reply