HOTEL MUMBAI, SERANGAN TERORIS DALAM AKSI YANG SADIS

No Comments

Share In Social Media

View Post618

HOTEL MUMBAI
Genre: Drama, Thriller, Sejarah
Actors: Dev Patel, Armie Hammer, Nazanin Boniadi
Directors: Anthony Maras
Release Date: 09 April 2019
Average Rating : 8/10
thomasentertaiment.com
Shadow
Slider

 

Pada tahun 2008 tepatnya di  bulan November, India mengalami masa yang kelam dan mengerikan. Hotel Mumbai menjadi sasaran sekelompok teroris untuk menjalankan serangan kepada warga asing, tamu dan staff hotel.

 

Sepuluh ekstrimis dalam komando  seorang pria yang dipanggil dengan sebutan The Bull menyerang beberapa kawasan kota Mumbai dengan membabi buta.

 

 

Baca Juga: #MONEYSMARTMENGINSPIRASI. JIKA KAMU SERING RESIGN HANYA KARENA LIMA ALASAN KONYOL INI, KAMU AKAN MENJADI SI KUTU LONCAT SEJATI.

 

Ada tiga  titik lokasi yang menjadi incaran para teroris, Stasiun kereta api Chhatrapati Shivaji. Terminus, kawasan Kafe dan restoran dengan mayoritas pengunjung adalah turis.  Dan terakhir adalah Hotel Mumbai atau Taj Mahal Palace.

 

Kejam, brutal, mengerikan dan tak berprikemanusiaan merupakan sederet gambaran yang disajikan dalam film ini. Ribuan peluru terus melayang menembus tubuh para korban tak mengenal ampun.

 

https://www.nytimes.com

 

Jangan harap kamu bisa bernafas sejenak  sepanjang hampir seratus menit durasi film.  Suasana mencekam dengan tembakan-tembakan yang mengerikan berkeliaraan di sepanjang film.  Semua adegan yang ditampilkan terasa nyata dan memilukan.

 

Ketegangan terus stabil dari awal sampai akhir cerita dengan sentuhan drama yang emosional. Cinta, keluarga, humanisme merupakan unsur-unsur penting yang diselipkan untuk memberikan warna pada film ini.

 

Di satu sisi para teroris sibuk menyerang para tamu dan berusaha menjalankan misi. Mereka  adalah tim yang sudah terlatih. Terlihat dari cara mereka melakukan serangan dan gencatan.

 

https://variety.com

 

Seperti  film-film teroris terdahulu,  dimana selalu digambarkan bahwa tujuan para teroris melakukan serangan adalah untuk membalaskan dendam pada orang-orang barat. Karena bagi mereka membunuh orang-orang barat bagian dari jihad.  

 

Sentimen terhadap kaum kafir juga kerap digambarkan sebagai pemicu tindakan para terotis. Amerika dan sekutunya dianggap sebagai musuh bebuyutan karena intervensi mereka di  timur tengah yang cenderung menyudutkan muslim.

 

Dalam Hotel Mumbai alasan-alasan klise tersebut juga dijadikan sebagai tujuan utama para teroris melakukan serangan, dan mereka pun mengincar para tamu berkewarganegaraan Amerika atau pun Eropa yang menjadi pengunjung hotel.

 

Hotel Mumbai diceritakan dari sisi yang lebih manusiawi dan menghilangkan unsur-unsur radikal yang sering nongol dalam film-film teroris pada umunya.

 

https://www.stuff.co.nz

 

Tak ada narasi mubajir dalam film ini. Dari awal cerita Hotel Mumbai langsung to the point dengan scene-scene primadona yang menegangkan.

 

Plot yang terjaga dan teratur dari awal sampai akhir film bakalan membuatmu  selalu gregetan. Berbagai adegan-adegan menakutkan datang silih berganti melebihi film-film horor. Kamu bisa berteriak, ketakutan bahkan ikutan emosi menyaksikan aksi-aksi biadap para teroris.

 

Hotel Mumbai atau Taj Mahal Palace menjadi setting utama film ini, karena memang ceritanya lebih banyak memaparkan bagaimana staf dan pengunjung hotel berusaha kabur  dari serangan teroris.

 

Sisi kemanusiaan juga salah satu isu yang diangkat dalam Hotel Mumbai. Bagaimana para staff hotel menyelamatkan ratusan tamu semaksimal mungkin.

 

Tamu adalah dewa merupakan premis paling menyentuh yang diselipkan pada beberapa adegan kecil dalam film ini.   Premis tersebut terbukti dijalankan. Kamu bisa menyaksikan bagaimana tindakan heroik yang dilakukan para staff hotel untuk melindungi dan menyelamatkan tamu mereka selama serangan teroris.

 

 

Film ini tidak mengambarkan sepenuhnya kisah-kisah teroris dalam ekstrimisme dan lebih fokus mengembangkan cerita dari sisi tokoh-tokoh yang terlibat saat  Hotel diserang. Seperti staf dan pengunjung.

 

Keluarga  Zahra (Nazanin Boniadi) dan David (Armie Hammer) digambarkan sebagai keluarga terpandang. Kekuatan cinta dan perjuangan untuk menyelamatkan diri dan anak mereka tentunya membuat film ini semakin mengharukan.

 

Karakter Arjun ( Dave Patel ) peranya begitu mencuri perhatian  dengan latar belakang kehidupan ekonomi yang memprihatinkan. Ketulusan dan dedikasinya untuk menyelamatkan para tamu patut diberikan sanjugan dan penghormatan tertinggi.

 

https://www.suara.com

 

Kartakter lainya yang tak kalah memikat adalah Hemant Oberoi (Anupam Kher), kepala dapur yang berwibawa dan selalu berusaha membuat para tamu tenang.

 

Baca Juga: MELANCONG KE NEGERI SINGA, TIPS HEMAT WAKTU DAN BIAYA DENGAN BUDGET MINIMALIS

 

Para pemain dalam film ini saling bersinergi untuk membuat cerita tampak alami dan mengharukan.  Pemeran sepuluh teroris juga pantas mendapatkan pujian. Mereka berhasil memerankan tokoh teroris yang kejam, udik dan terjebak dalam pemahaman ajaran radikal berkedok agama.  

 

Sementara potongan-potongan adegan  film dokumenter Surviving Mumbai’ (2009) yang diselipkan dalam beberapa bagian, turut Andil memberikan kesan nyata dalam film ini. Seolah-olah penonton menyksikan laporan langsung dari televisi. Tatapanmu bakan tak teralihkan dari layar bioskop.

 

Hotel Mumbai menjadi salah satu film  paling direkomendasikan bulan ini. Jika kamu suka dengan film trailer yang menakutkan tanpa adegan-adegan jump scare yang lawas, Hotel Mumbai menjadi film yang tepat untuk menemani akhir pekanmu sebelum demam Avengers End Game menyerang.

 

Check Trailer Disini:

 

 

 

Follow Me In Social Media
Categories: MOVIE Tags: Tags: , ,

Leave a Reply