ZIARAH, PERJUANGAN MBAH SRI UNTUK MENCARI MAKAM SUAMI

4 Comments

Share In Social Media

View Post4553

ZIARAH, PERJUANGAN MBAH SRI UNTUK MENCARI MAKAM SUAMI

Sajian Sederhana Apa Adanya dan Penuh Makna 

 

 

Mbah Sri berkeliling kampung dan dusun untuk mencari makam suaminya yang meninggal saat berperang melawan agresi militer belanda yang kedua.

 

Di usianya yang sudah uzur ia bertolak menyisir perbukitan hanya untuk nyekar. Tujuanya begitu sederhana, ia ingin dimakamkan disamping suaminya kelak ketika ia meninggal nanti.

 

Satu-satunya cara untuk mengabulkan keinginanya itu adalah dengan mencari makam suaminya yang tidak jelas keberadaanya entah dimana.

 

Mbah sri tak banyak bicara dengan informasi seadanya berjuang untuk menemukan makam sang suami. Fisiknya sudah tak berdaya tapi semangatnya tak kunjung pudar untuk menyaksikan makam suaminya yang sudah meninggal berpuluh-puluh tahun lamanya.

 

Ziarah menjadi sorotan dan perbincangan karena kesederhananya begitu istimewa. Tema yang tak neko-neko dengan sentuhan lokalitas jawa yang kentara.

 

Film ini sepenuhnya menggunakan bahasa jawa yang fasih, pemandangan dan wajah perbukitan gunung kidul disajikan  apa adanya di depan kamera.

 

Tak menggunakan sistem teknologi yang canggih untuk menunjang sinematografi yang wah, tapi entah kenapa elok dipandang mata serasa dimajankan oleh perbuktitan kidul Yogyakarta . 

 

       

Sesungguhnya menyaksikan Ziarah  di layar lebar bak film dokumenter yang sedang mengikuti kompetisi film festival. Bahasa tubuh dan dialog yang ditampilkan tak ubahnya seperti potongan kehidupan keseharian para tokohnya. 

 

Dengan menggunakan bahasa Jawa disepanjang cerita semakin mengukuhkan originalitas lokal dan kealamian film ini.

 

Terkadang tanpa sadar saya merasa tidak sedang menonton film panjang dalam durasi kurang dari sertaus menit, karena menyaksikan tokoh-tokohnya menyatu dengan gimik dan ekspresi di depan layar, ditambah dengan pengambilan gambar yang tak banyak menggunakan trick tapi terlihat jernih.

 

Melihat mbah Sri yang tampil apa adanya di layar kaca memberikan nilai kekaguman tersendiri. Seorang wanita berusia 95 tahun, tidak memiliki pengalaman berakting di depan kamera di sepanjang hidupnya, masuk nominasi aktris terbaik dalam festival film Asean 2016 sungguh pencapaian yang patut di apresiasi.

 

 

Menyampaikan pesan sederhana melalui untaian bercerita yang sederhana membuat apa yang ingin disajikan dalam film ini mengalir dengan baik.

 

Bagaimana setiap manusia bisa berdamai dengan masa lalu dan bahwa ziarah bukan hanya sekedar pergi ke makam lalu melanturkan doa-doa dari kitab suci.

 

Ziarah memiliki makna yang lebih dalam dan sangat sakral. Ziarah adalah prosesi menghargai dan mengenang orang-orang sudah meninggalkan kita, sehingga perlu dilakukan secara berkesinambungan. Film ini memberikan beberapa pembelajaran dan penyadaran perihal makna hakiki dari ritual Ziarah.

 

 

Pengambilan long shoot dalam banyak scene dan frame yang sederhana membuat film ini begitu gampang dicerna. Ziarah bukan tipikal film festival yang mengandung banyak misteri sehingga membuat penonton mengerahkan pemikiran sekuat tenaga untuk menerka-nerka apa yang sebenarnya terjadi

 

Film-film lokal dengan para pemain yang tak berlatar belakang aktor-aktor nasional yang mampuni sesungguhnya bisa menciptakan film yang menawan asalkan digarap dengan baik dan sepenuh hati. Film Ziarah sudah membuktikan hal itu.

 

Mungkin dengan peralatan seadanya, budget kecil dengan menggandeng pemain-pemain lokal, Ziarah mampuh mengukuhkan kwalitas film nusantara di kancah internasional.

 

Dengan masuknya beberapa nominasi film ini di festival film ASEAN sudah menjadi pembuktian bahwa kwalitas film Indonesia setara dengan film-film dari negara-negara ASEAN lainya.

 

 

Follow Me In Social Media
Categories: MOVIE

4 Responses to “ZIARAH, PERJUANGAN MBAH SRI UNTUK MENCARI MAKAM SUAMI”

  1. I think this is one of the most vital info for me. And i am glad reading your article. But want to remark on few general things, The website style is ideal, the articles is really nice : D. Good job, cheers

  2. This is the right site for everyone who hopes to understand this topic.
    You know a whole lot its almost tough to argue with
    you (not that I really will need to…HaHa).
    You definitely put a new spin on a subject that has been written about for a long time.
    Great stuff, just excellent!

Leave a Reply