EYE IN THE SKY

3 Comments

Share In Social Media

View Post7245

EYE IN THE SKY, GADIS KECIL PENJUAL ROTI DI TENGAH DRAMA PENYERANGAN TERORIS

 

Saat penyerangan sebuah kelompok teroris melibatkan banyak hati, peri kemanusiaan dan moralitas, perdebatan panjang pun terjadi untuk memutuskan sebuah serangan . Sekilas Anda akan mengira bahwa Eye in the sky adalah film action yang dihiasi aksi tembak-tembakan dan deru senjata.

Ternyata film ini sungguh tak menunjukan sama sekali genjatan senjata atau pun bom layaknya film-film yang mengangkat tema tentang teroris pada umumnya. Hanya ada lima persen kekerasan dalam film ini dan selebihnya adalah drama yang dibumbui perdebatan untuk membuat sebuah keputusan dengan pertimbangan sisi kemanusiaan.

 

Eye in the sky berkisah tentang sebuah target operasi penyerangan teroris yang akan melakukan bom bunuh diri di sebuah markas Kenya, Nai robi wilayah Afrika. Klonel Katharine Powell seorang petinggi militer asal Inggris  dari markasnya memberikan perintah untuk menjalankan sebuah misi penyerangan terhadap sebuah gerakan radikal teroris yang akan melakukan bom bunuh diri. Alat pengintai yang begitu canggih pun diterbangkan ke sebuah rumah di Kenya untuk melihat bagaimana aktivitas para teroris yang sedang merencanakan sebuah pemboban di wilayah tersebut.

Film ini diwarnai perdebatan untuk membuat sebuah keputusan. Klonel Katharine harus menghadapi berlapis-lapis pengajuan keputusan petinggi pemerintahan Inggris dan Amerika sebelum melakukan penyerangan. Berbagai pemimpin yang memiliki otoritas untuk membuat keputusan memastikan bahwa mereka aman dari segi hukum jika melakukan penyerangan terhadap teroris tersebut. Persoalan pun makin pelik di tengah-tengah persetujuan menteri luar negeri Amerika untuk melakukan serangan. Saat serangan akan digencarkan, tiba-tiba pilot melihat ada seorang anak kecil yang menjual roti di dekat persembunyian para teroris.

 

Sang pilot atas dasar peri kemanusiaan menunda melakukan serangan dan alhasil persoalan pun makin kompleks. Klimaks terjadi disepanjang cerita dengan dialog-dialog yang penuh perdebatan. Menyaksikan bom bunuh diri dengan memakan korban kurang lebih delapan puluh warga sipil, atau menyaksikan seorang gadis kecil tak berdosa kehilangan nyawa menjadi dua pilihan yang sangat sulit.

Klonel Kathirine membuat analisa ilmiah tentang berapa korban sipil yang mungkin tewas apabila serangan terhadap persembunyian teroris dilakukan. Berapa kemungkinan gadis kecil penjual roti selamat? Di saat serangan semakin mendesak para petinggi Inggris masih sibuk menganalisa dari berbagai sudut pandang apa dampak yang akan terjadi apabila serangan dilakukan? Atas dasar kemanusiaan dan nama baik negara perdebatan semakin panas dan mencekam, sementara gadis penjual roti masih duduk manis mendagangkan jualanya.

Eye in the sky menyajikan cerita yang sangat berbeda. Film ini menegaskan bahwa penyerangan terhadap teroris bukan hanya masalah genjatan senjata yang membabibuta. Selama ini kita menyaksikan para negara adikuasa Menuntas habis  teroris sampai ke akar-akarnya tanpa menganalisa implikasi yang akan terjadi terhadap masyarakat sipil yang tak berdosa.

 

Film teroris tidak melulu dengan suara bom yang menghentak, penyandraan atau penyerangan-penyerangan militer yang canggih dipenuhi target dan strategi. Tidak selalu berbau radikalisme yang melibatkan senjata berkekuatan massif dan bom dengan daya ledak aduhai.

 

Klonel Katherine berulang kali menegaskan bahwa ini adalah penyerangan bukan pembunuhan. Esensi moralitas dengan balutan sisi kemanusiaan yang kental adalah pesan dedaktis yang disampaikan film ini. Menjadikan anak kecil penjual roti sebagai objek utama adalah ide yang cerdas.

Dengan akting yang memukau si gadis kecil  begitu sukes menunjukan sisi alamai penjual roti di tengah kehidupan masyarakat Kenya yang mencekam oleh deru perang, teroris dan gerakan sparatis. Gestur tubuhnya, dan eksperesinya di depan kamera sungguh menyakinkan dan tampak alami.

Dipertengahan film ini Anda akan dibuat greget hingga emosional. Bagaimana mungkin seorang gadis kecil penjual roti menjadi masalah terbesar oleh badan intelegensi terkemuka dunia. Yang menjadi persoalan terbesar tim operasi penyerangan teroris dan petinggi negara adalah bagaimana caranya agar gadis kecil si penjual roti itu segera pergi.

Ditengah ketegangan yang makin memuncak, konel Katherine pun tidak kehabisan akal, salah seorang mata-mata di Kenya disuruh untuk memborong roti gadis kecil itu. Awalnya sudah nyaris berhasil, tapi salah satu anggota gerakan sparatis yang berjaga-jaga di sepanjang jalan mengetahui identitas si mata-mata. Roti si gadis kecil itu pun berhamburan di jalanan pada hal si mata-mata tadi sudah membayarnya. Alih-alih pulang, gadis kecil itu pun kembali memungut rotinya yang berhamburan di jalanan dan menjualnya kembali, masalah baru pun muncul.

 Pergerakan alur film ini tidak begitu cepat tapi tidak membosankan. Setting yang tidak terlalu banyak justru membuat film ini mudah dicerna. Ekspresi emosi para pemainya sesuai dengan porsinya dan tidak berlebihan. Kecanggihan alat dan teknologi yang menakjubkan menambah pundi-pundi kwalitas film ini. Semacam ornamen segar yang diberikan kepada penonton tentang kecanggihan dan keakuratan sebuah teknologi.

 

Para pemain utama memang hanya duduk dan berdiri manis dan saling beradu argumen sambil sesekali menyaksikan gambar cctv dari kamera pengintai di Kenya. Tapi setiap gestur tubuh mereka elok di pandang dan memiliki makna.

 Walaupun diakhir cerita gadis kecil penjual roti itu meninggal, tapi paling tidak tim operasi Katherine sudah berhasil meminimalisir korban dengan berjuang keras. Akhir film ini tak terduga dan memberikan banyak pelajaran tentang nilai sebuah kemanusiaan. Eye sky pantas untuk mendapatkan perhatian dan penghargaan karena digambarkan dari sisi yang berbeda, banyak drama tapi tidak cengeng, mengandung action tapi tanpa kekerasan.

Cek Trailer

Follow Me In Social Media
Categories: MOVIE

3 Responses to “EYE IN THE SKY”

  1. Usually I do not read article on blogs, but I wish to say that this write-up very forced me to try and do so! Your writing style has been amazed me. Thanks, very nice post.

  2. Others is capable of a harder erection but cannot maintain it during sexual intercourse. Core maca from your supplier energetix is surely an herb that tests quite nicely for several males.

Leave a Reply